Senin, 11 Desember 2017

Brebess Kekurangan Guru

BREBES KEKURANGAN 3.066 Guru PNS

BREBES - Kabupaten Brebes masih kekurangan ribuan guru yang berstatus pegawai negeri sipil (PNS). Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dindikpora) Brebes mencatat, hingga saat ini Pemkab Brebes masih kekurangan 3.066 guru yang berstatus PNS.

Kepala Dindikpora melalui Kasi Bidang Ketenagaan SD SMP Kabupaten Brebes Darmansyah mengungkapkan, jumlah tersebut terbagi TK, SD dan SMP. Di mana guru PNS di TK masih kurang tujuh guru, SD 2.076 guru dan SMP 983 guru.

"Saat ini memang guru PNS di tingkat TK, SD dan SMP di Brebes masih kurang banyak, dan belum ada pengangkatan hingga saat ini," ungkapnya.

Khusus untuk guru PNS di SMP, kata dia, terbagi dibeberapa Mata Pelajaran (Mapel). Seperti guru Bahasa Indonesia 136 orang, Bahasa Inggtis 44 orang, Bahasa Jawa 67 orang, Bimbingan Konseling 163 orang, IPA 69 orang, IPS 60 orang.

Guru Matematika 61 orang, PAI 80 orang, Pendidikan Jasmani Olahra dan Kesehatan (PJOK) 83 orang, PPKN 56 orang, Prakarya 67 orang, Seni Budaya 93 orang dan Teknik Informasi Komputer (TIK) empat orang.

"Khusus guru PNS di tingkat SMA kewenangannya ada di Provinsi Jawa Tengah (Jateng), sehingga kita hanya menangani TK, SD dan SMP," jelasnya.

Untuk mensiasati kondisi itu, setiap sekolah memperkerjakan Guru Tidak Tetap (GTT) atau bersyatys Wiyata Bhakti (WB). Dengan kata lain, saat ini kekurangan guru PNS di Brebes diisi oleh GTT.

"Saat ini setiap sekolah terpaksa menggunakan GTT untuk mengisi kekosongan guru PNS. Dan semua beban ditanggung oleh pihak sekolah," jelasnya.

Bukan tidak mungkin, jika tidak ada pengangkatan guru PNS kekruangan guru di Brebs bisa terus bertambah. Pasalnya, setiap tahun sedikitnya ratusna guru memasuki masa purna tugas. Dengan kata lain, akan lebih banyak guru PNS yang pensiun.

"Pasti jumlah kekurangan guru PNS akan bertambah, jika tidak segera melakukan pengangkatan. Karenanya, kita (Dindikpora) mengucapkan terimakasih kepada GTT yang telah menggantikan tugas dan peran guru PNS," ucpanya.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (SDMD) Kabupaten Brebes, Luthfiatul Latifah membenarkan bahwa di Kabupaten Brebes sendiri sudah empat tahun tidak melkukan perekrutan calon pegawai negeri sipil (CPNS). Tidak adanya pengangkatan CPNS, lantaran adanya moratorium CPNS dari pemerintah pusat.

"Kalau dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)nya memperbolehkan dan Pemkab Brebes ada formasi untuk CPNS, pasti akan kita lakukan perekrutan. Tapi ya itu tadi hingga saat ini belum ada formasi dari Kemendagri untuk pengangkatan CPNS,"

Sumber : pesan WA

(Himura)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar